Ini Dia 7 Gejala Kanker Payudara yang Wajib Diwaspadai Wanita

Kanker memang bukan jenis penyakit yang bisa dianggap remeh, karena masih belum ada pengobatan yang benar-benar efektif di dalam mengatasinya. Kebanyakan hanya ditujukan untuk mengurangi persebaran dari kanker tersebut atau sekedar digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh efek kanker, bukan dengan tujuan benar-benar untuk menyembuhkannya secara permanen. Salah satu jenis kanker yang paling banyak merenggut nyawa wanita selain kanker serviks adalah kanker payudara. Gejala kanker payudara yang sering kali tidak disadari oleh pasiennya membuat pertolongan yang dilakukan juga sering kali terlambat, sehingga baru disadari ketika sudah memasuki stadium lanjut dan sulit disembuhkan.

Gejala Kanker Payudara

Jadi bagi para wanita ada baiknya untuk mengenali beberapa gejala dari penyakit kanker payudara ini, sehingga jika mulai terasa bisa segera dilakukan pengobatan, yaitu:

1. Terdapat benjolan pada payudara, sering kali banyak orang yang tidak sadar bahwa ada benjolan yang tidak normal terdapat benjolan payudara mereka, apalagi jika seandainya ukuran payudara yang dimiliki tersebut besar. Maka mereka tidak menduga jika seandainya pada salah satu sisi payudara akan mengalami benjolan, itulah mengapa harus dilakukan pemeriksaan sendiri secara rutin, untuk mengetahui resiko tersebut.
2. Perubahan yang terjadi pada area kulit payudara, sel-sel kanker yang menyerang area kulit payudara ini pada umumnya sering kali menyebabkan terjadinya peradangan, sehingga bagian kulitnya juga berubah tekstur dari yang semula lembut menjadi agak bersisik, bahkan ada beberapa area yang mengalami penebalan kulit hingga adanya lubang layaknya kulit jeruk, hal semacam ini hendaknya harus diwaspadai.
3. Keluar cairan dari puting, gejala kanker payudara lainnya yang terlihat jelas adalah puting yang akan mengeluarkan cairan, padahal dalam kondisi tidak menyusui, cairan yang keluar ini juga bervariasi, ada yang bening, putih keruh, bahkan hingga merah seperti darah. Biasanya jika sudah mengalami tanda-tanda semacam ini menunjukkan bahwa kondisi kanker tersebut sudah sangat serius.
4. Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening, sel kanker ini nantinya juga bisa berpindah atau merambat hingga bagian getah bening. Sehingga membuat bagian kelenjar ini mengalami pembengkakan, selain yang ada pada bagian ketiak, sebenarnya getah bening ini juga ada di bagian selangka yang nantinya akan ikut membengkak, sehingga akan terlihat bentuknya yang semakin membesar.
5. Nyeri yang terjadi pada bagian payudara atau puting, mereka yang terkena kanker payudara ini juga akan merasakan rasa sakit atau nyeri yang terjadi di area tersebut. Namun rasa sakitnya juga berbeda dengan nyeri biasa, apalagi nyeri yang disebabkan karena air susu tidak segera dikeluarkan pada saat melewati fase menyusui, pada penderita kanker mereka akan merasakan nyeri yang sangat dan ada sensasi terbakar.
6. Payudara memerah, warna payudara juga akan berubah menjadi memerah, keunguan dan juga kebiruan seperti memar. Jika sebelumnya Anda tidak pernah mengalami trauma atau benturan yang terjadi pada payudara, namun merasakan kondisi yang satu ini maka ada baiknya untuk segera dilakukan pemeriksaan.
7. Puting susu masuk kedalam, dalam beberapa kondisi juga ada yang mengalami gejala ini, dimana bagian puting susu bentuknya tidak normal sampai masuk kedalam.

Waspadai beberapa gejala kanker payudara tersebut, untuk memastikan bahwa Anda tidak terkena masalah kesehatan yang sangat membahayakan ini, maka ada baiknya untuk dilakukan check up atau pemeriksaan secara rutin ke dokter.

0 Response to "Ini Dia 7 Gejala Kanker Payudara yang Wajib Diwaspadai Wanita"

Post a Comment