Cara Memilih Susu Formula Untuk Anak di Atas Usia 2 Tahun

Setelah masa pemberian ASI eksklusif selama 2 tahun selesai, kini saatnya bunda untuk menyapih si kecil. Dan pada masa inilah bunda bisa mengenalkan susu formula pada anak sebagai pengganti ASI. Walaupun sebenarnya pemberian susu formula bagi anak di atas 2 tahun ini bukanlah suatu keharusan asalkan asupan nutrisinya lengkap dan bergizi. Adapun jenis makanan yang harus dikonsumsi oleh anak diantaranya yang mengandung protein nabati, protein hewani, sayur, buah dan karbohidrat dan sedikit lemak.

Cara Memilih Susu Formula

Walaupun begitu pemberian susu formula bisa menjadi pelengkap gizi anak pada masa pertumbuhannya. Karena susu formula ini bermanfaat untuk memperkuat tulang dan otot, membantu proses tumbuh kembang anak serta meningkatkan kecerdasan. Sehingga bisa dibilang kalau susu formula ini diperuntukan sebagai susu pertumbuhan anak. Lalu bagaimana cara memilih susu formula terbaik untuk anak itu?

Tentunya susu formula terbaik bagi anak itu yang tidak menyebabkan alergi maupun gangguan sistem pencernaan. Pada dasarnya semua merek susu formula yang beredar di pasaran saat ini cukup bagus dan berkualitas karena sudah melewati berbagai proses pengujian dan terbukti keamanannya bagi anak. Bahkan antara satu merek dengan merek yang lainnya cenderung sama akan tetapi ada beberapa yang memiliki sedikit perbedaan.

Misalnya, ada beberapa jenis susu formula memasukkan kandungan tertentu pada susu, seperti susu soya bagi anak yang menderita alergi pada susu sapi, susu hipoalergi bagi anak yang sensitif terhadap susu dan lain sebagainya.

Tips Memilih Susu Formula Bayi Yang Benar

1. Sesuaikan Dengan Usia
Usia anak yang berbeda tentunya akan membutuhkan jenis dan kadar nutrisi yang berbeda pula. Maka dari itu, produsen susu formula bayi membagi produknya dalam beberapa kelompok usia. Mulai dari usia 0 - 5 tahun.

2. Rasa Susu dan Efek Sampingya
Mungkin bagi sebagian anak susu dengan rasa tertentu bisa menimbulkan rasa mual. Maka dari itu, memilih rasa susu formula yang sesuai dengan selera anak adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Selain itu, pastikan bahwa susu tersebut tidak mengandung bahan atau senyawa kimia yang bisa menyebabkan alergi, kembung, atau diare.

3. Kelengkapan Nutrisi
Setiap kandungan serta kadar nutrisi yang ada pada setiap merk susu formula itu bisa berbeda satu sama lain. Tentunya hal ini disesuaikan dengan tujuan serta hasil yang ingin diraih setelah mengkonsumsinya. Dalam hal ini, terdapat susu bubuk yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, kandungan gula rendah, rendah lemak, atau kaya omega. Oleh karena itu, untuk mendapatkan susu yang gizinya sesuai dengan kebutuhan bayi anda, maka perhatikan dahulu kelengkapan serta takaran gizi yang tercantum pada kemasan susu formula tersebut.

4. Tanggal Kadaluarsa
Sebagus apapun merk susu tersebut dengan berbagai kandungan gizinya, namun semua itu tidak ada artinya jika sudah melawati masa kadaluarsanya. Maka dari itu, saat anda akan memilih susu bubuk, perhatikanlah tanggal kadaluarsanya yang tercantum pada kemasan susu 1 dustersebut. Karena jika anda mengkonsumsi susu yang sudah lewat masa kadaluarsanya, dikhawatikan akan mengganggu kesehatan anda.

Rekomendasi Susu Formula Untuk Anak Diatas Usia 2 Tahun

Susu SGM Eksplor 1 Plus : Susu SGM ini merupakan produk susu formula dengan harga yang terjangkau namun tetap memiliki kaulitas yang sangat baik. Selain itu SGM Eksplor 1 Plus ini juga merupakan salah satu pilihan yang bisa bunda berikan saat anak menginjak usia 2 tahun. Dalam susu ini mengandung omega 6, asam linoleat, protein, vitaminD3, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan zat besi yang sangat dibutuhkan pada masa tumbuh kembang anak.

Nah, begitu pentingnya susu formula ini untuk tumbuh kembang anak, maka bunda harus benar-benar memperhatikan pemilihan susu formula yang berkulitas dan sesuai dengan kebutuhan anak bunda.

0 Response to "Cara Memilih Susu Formula Untuk Anak di Atas Usia 2 Tahun"

Post a Comment