Tips Agar Tak Salah Saat Memilih Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang populer di kalangan pengguna asuransi. Meski begitu tetap saja asuransi ini masih sedikit dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Kurangnya pemahaman tentang pentingnya asuransi menyebabkan perlindungan keuangan keluarga menjadi tidak maksimal. Padahal manfaatnya sangat besar jika terjadi resiko yang ditanggung yaitu kematian pemilik asuransi atau terjadi kecelakaan dan sakit yang menyebabkan pemilik asuransi tidak lagi bisa produktif. Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat asuransi ini, kini banyak perusahaan asuransi yang memiliki life insurance dengan premi minimal dan dengan cara pembelian yang sangat mudah serta cepat. Namun apakah hal tersebut dapat menjamin manfaat dari asuransi menjadi tepat guna?

Memilih Asuransi Jiwa

Bagi Anda yang belum memiliki asuransi perlindungan jiwa padahal Anda adalah seorang kepala keluarga dan pemberi nafkah keluarga, ada baiknya untuk mulai mempertimbangkan untuk membeli asuransi ini. Ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan premi life insurance yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Agar Anda tak salah dalam memilih polis asuransi yang tepat, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda pelajari dan terapkan:

1. Ketahui jenis asuransi.
Untuk bisa memilih dengan tepat, Anda harus bisa membedakan jenis-jenis life insurance. Saat ini ada beberapa jenis asuransi perlindungan jiwa yaitu Asuransi Term Life atau asuransi murni, Asuransi Whole Life atau asuransi seumur hidup, dan Asuransi dengan investasi atau Unit Link. Ketiganya memiliki perbedaan cara kerja yang memberikan perbedaan juga pada manfaat yang diberikan.

2. Uang pertanggungan.
Semakin besar uang pertanggungan yang nantinya diberikan perusahaan asuransi jika terjadi kematian pada pemilik asuransi maka akan semakin baik untuk keluarga. Karenanya Anda bisa memilih polis asuransi yang menyediakan uang pertanggungan paling besar. Saat ini perusahaan asuransi dapat memberikan uang pertanggungan hingga satuan Milyar kepada keluarga pemilik asuransi. Hal ini sesuai dengan inflasi dimana biaya hidup hingga pendidikan menjadi lebih mahal dibandingkan sebelumnya saat uang pertanggungan umumnya hanya berada di kisaran ratusan juta rupiah.

3. Nilai Investasi vs Uang Pertanggungan.
Banyak orang memilih asuransi dengan nilai investasi karena bisa diambil kapan saja dengan tambahan nilai investasi. Hal ini seringkali menjadikan mereka lupa akan besaran uang pertanggungan yang seharusnya lebih diperhatikan untuk memberikan perlindungan keuangan pada keluarga. Nilai investasi sendiri sangat fluktuatif sehingga tidak dapat dijadikan jaminan pengganti besarnya uang pertanggungan yang akan langsung didapatkan keluarga jika pemilik polis meninggal dunia.

4. Asuransi tambahan.
Beberapa perusahaan asuransi yang memiliki life insurance pasti juga memiliki asuransi tambahan untuk produk ini. Saat Anda membeli life insurance, Anda pun pasti akan ditawari dengan berbagai jenis asuransi tambahan. Yang perlu diperhatikan adalah perlu atau tidaknya memiliki asuransi tambahan karena pasti akan menambah jumlah premi yang harus dibayarkan. Kenali dahulu manfaat dari asuransi tambahan tersebut, misalnya untuk asuransi tambahan yang dapat mengcover semua angsuran asuransi maupun kredit yang dimiliki oleh pemilik polis jika meninggal dunia. Jenis asuransi ini bisa Anda hindari jika Anda sudah memilih asuransi yang memberikan uang pertanggungan besar sehingga sebagian uang tersebut dapat cukup untuk menutup kredit ataupun biaya asuransi lainnya yang menjadi kewajiban.

5. Premi asuransi.
Point yang paling penting tentu saja besaran premi asuransi karena inilah yang akan menjadi kewajiban Anda setiap bulan atau tahunnya. Besaran premi bisa menjadi penentu besaran uang pertanggungan untuk asuransi murni atau whole life insurance. Sesuaikan dengan jumlah uang pertanggungan yang Anda butuhkan untuk keluarga dan juga kemampuan Anda melakukan pembayaran sehingga asuransi menjadi tepat guna.

6. Perusahaan asuransi.
Jangan lupa untuk memilih perusahaan asuransi terpercaya yang memiliki pengalaman dan track record baik dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat Indonesia.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat ini memiliki asuransi jiwa untuk memberikan perlindungan yang maksimal bagi keluarga. Memiliki asuransi merupakan bukti rasa sayang dan kasih Anda pada keluarga sehingga sangat penting untuk memilikinya untuk memberikan jaminan keuangan bagi keluarga khususnya anak-anak yang masih belum beranjak dewasa sehingga memiliki jaminan biaya pendidikan dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

0 Response to "Tips Agar Tak Salah Saat Memilih Asuransi Jiwa"

Post a Comment