Tanya Dokter Kandungan Online Tentang Cara Menjaga Kandungan Agar Sehat

Kehamilan merupakan suatu hal yang paling berharga untuk seorang wanita. Pada kehamilan bulan pertama maka embrio berukuran kecil seperti kacang hijau dan biasanya fase ini sangat rawan terhadap keguguran. Pada bulan kedua merupakan tahapan embrio melakukan pembentukan jaringan tubuh walaupun bagiannya kecil. Hamil bulan ke 3menunjukkan perut ibu yang besar dengan perkembangan janin merujuk pada pembentukan tulang dan organ vital dan sudah mulai aktif dengan kemampuan panca indera. Memasuki bulan keempat, bayi sudah dapat memberikan respon bergerak, tidur dan mendengarkan suara, bulan keempat orangtua dapat melakukan pengecekan prediksi kelamin dengan tanya dokter kandungan online untuk membuat janji pertemuan maupun hal lainnya.

Tanya Dokter Kandungan Online Tentang Cara Menjaga Kandungan

Pada kehamilan 5 bulan, janin sudah memiliki ukuran tinggi dan berat badan, bentuk janin berubah dengan terbentuknya tulang keras dan membuat lapisan lemak bertumbuh untuk menjaga suhu tubuh janin. Bulan keenam, janin sudah dapat dijelaskan jenis kelaminnya oleh dokter dan mengalami perkembangan mata yang memiliki kepekaan terhadap cahaya. Usia hamil 7 bulan, janin hampir sempurna dari sistem saraf, sistem indera dan biasanya ibu dapat merasakan gerakan bayi. Pada bulan kedelapan, memasuki tahap pematangan, membuat janin bertambah ukuran dan berat badannya serta janin berputar menuju arah jalan keluar. Lalu pada bulan kesembilan merupakan tahapan janin memiliki organ yang seluruhnya telah berfungsi dan kepala janin masuk panggul ibu sehingga terjadi kontraksi sebagai tanda janin akan keluar.

Berikut adalah beberapa bahaya kesehatan yang dapat membahayakan kandungan:

Tekanan darah tinggi yang harus tetap dikontrol karena jika tidak dapat merusak ginjal ibu dan bayi mengalami preeklampsia.
Jantung koroner yang memberikan dampak serangan jantung dengan dampak kematian ibu dan resiko terhadap bayi belum dapat diketahui.
Diabetes karena kadar gula yang tinggi sebelum hamil akan membuat bayi lahir dengan cacat tubuh.
Obesitas yang menyebabkan ibu harus menurunkan berada badan sehingga dapat hamil secara sehat dengan dampak pada bayi lahir prematur, resiko mengalami obesitas ketika dewasa dan cacat tabung saraf.
Epilepsi pada wanita dapat membuat hamil tetapi memberikan resiko terhadap bayi sehingga perlu melakukan pengobatan epilepsi.

Untuk tetap menjaga kesehatan maka ibu dapat melakukan beberapa senam untuk membantu kesehatan kehamilan. Senam kegel dengan mengontraksi otot di area vagina dan saluran kencing dengan gerakan menahan kencing akan memberikan manfaat untuk mempermudah proses melahirkan. Senam jongkok dengan berdiri tegak kemudian menurunkan badan hingga tegak lurus dengan punggung, tetap bernafas normal tahan posisi jongkok selama 10 detik. Yoga kupu-kupu yang dilakukan dengan duduk bersila dan mempertemukan dua kaki dan menahan posisi hingga 20 detik.

Berikut adalah cara menjaga kesehatan selama hamil diantaranya:

Mencukupi kebutuhan nutrisi janin hal ini mendukung perkembangan otak dan berat janin yang lahir dengan sehat.
Meningkatkan berat badan jika hamil ketika berat badan normal setidaknya 11 hingga 15 kg untuk wanita yang mengalami kehamilan kembar.
Hindari makanan maupun minuman yang dari infeksi bakteri dan jauhkan makanan yang memungkinkan timbulnya alergi.

Ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi alkohol maupun merokok serta membatasi konsumsi minuman berkafein. Sebaiknya ibu hamil rajin minum air karena oksigen pada janin diperlukan serta membawa karbondioksida keluar membutuhkan konsumsi air serta mencegah terjadinya sembelit. Dapat juga mengikuti spa khusus ibu hamil untuk memanjakan diri tetapi tanya dokter kandungan online untuk batas aman berendam di spa tersebut.

0 Response to "Tanya Dokter Kandungan Online Tentang Cara Menjaga Kandungan Agar Sehat"

Post a Comment